Karakteristik Program Keahlian
Program keahlian pemasaran merupakan salah satu program keahlian yang sudah ada sejak SMKN 2 Singkawang berdiri. Pemasaran adalah sebuah program keahlian yang mempelajari dasar - dasar kemampuan dan keilmuan menjadi seorang marketing baik marketing secara konvensional maupun melalui media daring (online/internet). Di Program Keahlian Pemasaran siswa akan mempelajari strategi pasar, kewirausahaan dan membaca peluang di dunia bisnis.
Kurikulum program keahlian Pemasaran mengadopsi unit-unit kompetensi yang tercantum dalam Skema Sertifikasi KKNI Level II Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran. Penyusunan kurikulum Pemasaran juga melibatkan industri. SMKN 2 Singkawang melibatkan Alfamart Singkawang dalam penyusunan kurikulum operasional ini. Jadi kurikulum yang dirancang juga selalu berpedoman atas saran, masukan, dan kebutuhaan industri retail dan bisnis online.
Guru Produktif Pemasaran berjumlah 8 orang dimana selain memiliki pendidikan sesuai dengan yang disyaratkan, Guru Produktif Pemasaran juga berlatar belakang pernah bekerja di industri serta telah mengikuti berbagai program pelatihan dan magang industri. Dua orang guru sudah berpredikat asesor kompetensi.
Sarana praktik dan belajar dirancang dengan standar industri seperti minimarket dan lab. Bisnis online, sehingga para lulusan SMK Negeri 2 Singkawang diharapkan menjadi insan profesional dalam bidang Pemasaran baik di dalam maupun di luar negeri, memiliki kepribadian, dan karakter industri.
Kurikulum dan proses pembelajaran dirancang untu mendorong peserta didik untuk aktif, kreatif, mandiri, percaya diri, dan menjadi generasi yang berbasis pada Profil Pelajar Pancasila. Kegiatan praktik baik sekolah maupun praktik kerja lapangan dipersiapkan dengan baik untuk membentuk mental yang kuat dan mengasah ketrampilan serta keahlian peserta didik. Hal ini bertujuan untuk menyiapkan lulusan yang siap bekerja, melanjutkan ke jenjang Pendidikan yang lebih tinggi, atau berwirausaha.
Ruang lingkup pekerjaan bagi kelulusan Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran adalah jenis pekerjaan atau profesi yang relevan dengan kompetensi yang tertuang di dalam tabel SKKNI keahlian pada jenjang SMK antara lain:
DUNIA USAHA |
LINGKUP PEKERJAAN |
Perusahaan Jasa Perusahaan Dagang Perusahaan Manufaktur Instansi Pemerintah/Swasta |
|
Dengan memenfaatkan kemampuan, pengalaman dan berbagai peluang yang ada, lulusan program keahlian Pemasaran juga dimungkinkan mengelola perusahaan untuk usaha mandiri. Selain itu dapat melanjutkan juga ke jenjang perguruan tinggi pada semua bidang keilmuan terutama yang terkait dengan tata niaga, marketing, komunikasi bisnis, manajemen bisnis, manajemen pemasaran dan sebagainya.
Tujuan Program Keahlian
Secara umum tujuan program keahlian Pemasaran adalah menghasilkan tamatan yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan nilai serta sikap yang terintegrasi dan kecakapan kerja dalam bidang Pemasaran dengan menerapkan kewiraswastaan serta mampu mengadaptasi perkembangan masyarakat yang sesuai dengan kemajuan ilmu dan teknologi serta dapat memenuhi tuntutan dunia kerja masa sekarang dan masa yang akan datang. Secara khusus, tujuan program keahlian Pemasaran yaitu:
- Menghasilkan lulusan pembelajar sepanjang hayat yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, mandiri, peduli, cinta tanah air, bangga pada budaya bangsanya dan tenggang rasa.
- Menghasilkan lulusan yang mampu melanjutkan pendidikannya ke jenjang lebih tinggi pada lembaga akademik / vokasi / kedinasan terkemuka sesuai minat dan bakat yang dimilikinya.
- Menghasilkan lulusan yang terampil dalam berpikir kritis, berkreatifitas, menghasilkan karya, memanfaatkan teknologi digital, dan mengembangkan minat serta bakatnya untuk menghasilkan kompetensi yang unggul.
- Menghasilkan lulusan yang kompetensinya diterima oleh industri
- Membentuk karakter pembelajar sepanjang hayat serta memiliki karakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.
- Membekali pelajar dengan kompetensi sesuai dengan 6 literasi dasar (literasi baca dan tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi budaya kewarganegaraan dan literasi finansial).
- Memfasilitasi peserta didik dapat melampaui kompetensi sebagaimana terkandung dalam KKNI dan SKKNI bidang pemasaran.
- Membekali peserta didik dengan keahlian kecakapan hidup untuk pengembangan bakat dan minat.
Intrakurikuler
Struktur Kurikulum dan Penetapan Konsentrasi Keahlian
Struktur kurikulum mengatur beban belajar untuk setiap muatan atau mata pelajaran dalam Jam Pelajaran (JP) tahunan dan/atau per 3 (tiga) tahun atau dikenal dengan sistem blok. Oleh karena itu, satuan pendidikan dapat mengatur pembelajaran secara fleksibel dimana alokasi waktu setiap minggunya tidak selalu sama dalam 1 (satu) tahun. Berkaitan dengan hal tersebut, struktur kurikulum program keahlian Pemasaran menggunakan mekanisme blok per fase yang meliputi fase E di kelas X serta fase F di kelas XI dan XII. Implementasi sistem blok per fase ini berlaku untuk mata pelajaran pada kelompok umum dan kelompok kejuruan. Sedangkan kelompok mata pelajaran pilihan menggunakan mekanisme blok tahunan.
Kemudian dalam mata pelajaran pilihan, SMKN 2 Singkawang memfokuskan pada penguatan Bahasa dan kompetensi kejuruan lintas minat untuk semua program keahlian termasuk Pemasaran. Mata pelajaran pilihan penguatan Bahasa wajib diikuti oleh seluruh peserta didik program keahlian Pemasaran. Bahasa asing yang ditawarkan adalah Bahasa Mandarin. Kemudian dalam mata pelajaran pilihan rumpun kejuruan yang ditawarkan merupakan mata pelajaran yang dibutuhkan oleh Industri serta didukung oleh SDM yang ada di SMKN 2 Singkawang. Mata pelajaran rumpun kejuruan ini bisa juga diperuntukkan untuk peserta didik di luar program keahlian Pemasaran.
Satuan pendidikan dan/atau pemerintah daerah dapat menambahkan muatan tambahan sesuai kebutuhan peserta didik, dunia kerja dan karakteristik satuan pendidikan dan/atau daerah secara fleksibel termasuk kurikulum muatan lokal. SMKN 2 Singkawang menetapkan mata pelajaran Bahasa Mandarin sebagai muatan local di SMKN 2 Singkawang.
Adapun struktur kurikulum program keahlian Pemasaran adalah sebagai berikut:
- Bidang Keahlian : Bisnis dan Manajemen
- Program Keahlian : Pemasaran
- Konsentrasi Keahlian : Bisnis Daring dan Pemasaran
Dalam hal ini tempat PKL merupakan industri yang saat ini sudah menjalin kerjasama dengan sekolah. Beberapa industri yang sudah bekerja sama yakni:
No. |
KOMPETENSI KEAHLIAN |
DUDI MITRA KERJA SAMA |
||
Nama |
Alamat |
Nama Pimpinan |
||
2 |
BISNIS DARING DAN PEMASARAN |
Toko New Sinar Pagi |
Jl Ratu Sepudak |
|
|
|
Toko IVAN Singkawang |
Jl Alianyang No 74 A |
|
|
|
Toko Sinar Mitra |
Jl Ratu Sepudak |
|
|
|
Toko Lemon |
Jl P. Diponegoro |
|
|
|
Toko Himalaya |
Jl P. Diponegoro |
|
|
|
Lemon Stationery |
Jl Hermansyah No 31 A |
|
|
|
Mega Mart |
Jl Kalimantan No 103 |
|
|
|
Toko Bintang Jaya |
Jl Kalimantan |
|
|
|
PD NF Dept Store |
Jl Setia Budi No 29-31 |
|
|
|
Central Mart |
Jl Pramuka |
|
|
|
Astra Motor Roban |
Jl Jendral Sudirman |
|
|
|
Toko Sinar Pagi |
Jl Alianyang |
|
|
|
Toko Vita Jaya |
Jl Tani |
|
|
|
Matahari Dept. Store Singkawang |
Jl Alianyang SGM |
|
|
|
Apotik Diponegoro |
Jl P Diponegoro |
|
|
|
Toko Hello Singkawang |
Jl Alianyang |
|
|
|
Perumart Roban |
Jl Sei Mahakam |
|
|
|
CV Arli Singkawang |
Jl Alianyang |
|
|
|
Toko FC Sejahtera |
Jl Jend Sudirman |
|
|
|
Toko Vita Jaya Roban |
Jl Jend Sudirman |
|
|
|
Hypermart SGM |
Jl Alianyang SGM |
|
|
|
Sumber Anugerah |
Jl Jalil Tata |
|
|
|
PD Panca Motor |
Jl Yos Sudarso |
|
|
|
Toko Sumber Ilmu |
Jl Budi Utomo |
|
|
|
Toko Papa Mama |
Jl GM Situt |
|
|
|
PT Karisma Aksara Media Tama |
Jl Alianyang SGM |
|
|
|
JNE Cab Singkawang |
Jl Merdeka Blok A1 |
|
|
|
Toko Mega M Singkawang |
Jl Sejahtera |
|





