JURUSAN BDP
SMK 2 SKW | 21 Januari 2022 | Dibaca 2003 kali

Karakteristik Program Keahlian

Program keahlian pemasaran merupakan salah satu program keahlian yang sudah ada sejak SMKN 2 Singkawang berdiri. Pemasaran adalah sebuah program keahlian yang mempelajari dasar - dasar kemampuan dan keilmuan menjadi seorang marketing baik marketing secara konvensional maupun melalui media daring (online/internet). Di Program Keahlian Pemasaran siswa akan mempelajari strategi pasar, kewirausahaan dan membaca peluang di dunia bisnis.
Kurikulum program keahlian Pemasaran mengadopsi unit-unit kompetensi yang tercantum dalam Skema Sertifikasi KKNI Level II Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran. Penyusunan kurikulum Pemasaran juga melibatkan industri. SMKN 2 Singkawang melibatkan Alfamart Singkawang dalam penyusunan kurikulum operasional ini. Jadi kurikulum yang dirancang juga selalu berpedoman atas saran, masukan, dan kebutuhaan industri retail dan bisnis online.
Guru Produktif Pemasaran berjumlah 8 orang dimana selain memiliki pendidikan sesuai dengan yang disyaratkan, Guru Produktif Pemasaran juga berlatar belakang pernah bekerja di industri serta telah mengikuti berbagai program pelatihan dan magang industri. Dua orang guru sudah           berpredikat asesor kompetensi.
Sarana praktik dan belajar dirancang dengan standar industri seperti minimarket dan lab. Bisnis online, sehingga para lulusan SMK Negeri 2 Singkawang diharapkan menjadi insan profesional dalam bidang Pemasaran baik di dalam maupun di luar negeri, memiliki kepribadian, dan karakter industri.
Kurikulum dan proses pembelajaran dirancang untu mendorong peserta didik untuk aktif, kreatif, mandiri, percaya diri, dan menjadi generasi yang berbasis pada Profil Pelajar Pancasila. Kegiatan praktik baik sekolah maupun praktik kerja lapangan dipersiapkan dengan baik untuk membentuk mental yang kuat dan mengasah ketrampilan serta keahlian peserta didik. Hal ini bertujuan untuk menyiapkan lulusan yang siap bekerja, melanjutkan ke jenjang Pendidikan yang lebih tinggi, atau berwirausaha.
Ruang lingkup pekerjaan bagi kelulusan Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran adalah jenis pekerjaan atau profesi yang relevan dengan kompetensi yang tertuang di dalam tabel SKKNI keahlian pada jenjang SMK antara lain:

DUNIA USAHA

LINGKUP PEKERJAAN

Perusahaan Jasa Perusahaan Dagang Perusahaan Manufaktur Instansi Pemerintah/Swasta

  1. Ritel, Toko, Supermarket, Dealer
  2. Pramuniaga (Tenaga Penjual)
  3. Tenaga Pemasaran
  4. Tenaga Pembelian
  5. Pengelola Gedung
  6. Kasir
  7. Tenaga Admnistrasi Penjualan dan Pembelian
  8. Perantara Dagang
  9. Pabrikasi: pergudangan, keuangan, distribusi barang
  10. Koperasi: manajer koperasi, pemasaran pembukuan
  11. Asuransi: staff, debt Colector, Pencari nasabah

 

Dengan memenfaatkan kemampuan, pengalaman dan berbagai peluang yang ada, lulusan program keahlian Pemasaran juga dimungkinkan mengelola perusahaan untuk usaha mandiri. Selain itu dapat melanjutkan juga ke jenjang perguruan tinggi pada semua bidang keilmuan terutama yang terkait dengan tata niaga, marketing, komunikasi bisnis, manajemen bisnis, manajemen pemasaran dan sebagainya.

Tujuan Program Keahlian

Secara umum tujuan program keahlian Pemasaran adalah menghasilkan tamatan yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan nilai serta sikap yang terintegrasi dan kecakapan kerja dalam bidang Pemasaran dengan menerapkan kewiraswastaan serta mampu mengadaptasi perkembangan masyarakat yang sesuai dengan kemajuan ilmu dan teknologi serta dapat memenuhi tuntutan dunia kerja masa sekarang dan masa yang akan datang. Secara khusus, tujuan program keahlian Pemasaran yaitu:

  1. Menghasilkan lulusan pembelajar sepanjang hayat yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, mandiri, peduli, cinta tanah air, bangga pada budaya bangsanya dan tenggang rasa.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu melanjutkan pendidikannya ke jenjang lebih tinggi pada lembaga akademik / vokasi / kedinasan terkemuka sesuai minat dan bakat yang dimilikinya.
  3. Menghasilkan lulusan yang terampil dalam berpikir kritis, berkreatifitas, menghasilkan karya, memanfaatkan teknologi digital, dan mengembangkan minat serta bakatnya untuk menghasilkan kompetensi yang unggul.
  4. Menghasilkan lulusan yang kompetensinya diterima oleh industri
  5. Membentuk karakter pembelajar sepanjang hayat serta memiliki karakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.
  6. Membekali pelajar dengan kompetensi sesuai dengan 6 literasi dasar (literasi baca dan tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi budaya kewarganegaraan dan literasi      finansial).
  7. Memfasilitasi peserta didik dapat melampaui kompetensi sebagaimana terkandung dalam KKNI dan SKKNI bidang pemasaran.
  8. Membekali peserta didik dengan keahlian kecakapan hidup untuk pengembangan bakat dan minat.

Intrakurikuler

Struktur Kurikulum dan Penetapan Konsentrasi Keahlian

Struktur kurikulum mengatur beban belajar untuk setiap muatan atau mata pelajaran dalam Jam Pelajaran (JP) tahunan dan/atau per 3 (tiga) tahun atau dikenal dengan sistem blok. Oleh karena itu, satuan pendidikan dapat mengatur pembelajaran secara fleksibel dimana alokasi waktu setiap minggunya tidak selalu sama dalam 1 (satu) tahun. Berkaitan dengan hal tersebut, struktur kurikulum program keahlian Pemasaran menggunakan mekanisme blok per fase yang meliputi fase E di kelas X serta fase F di kelas XI dan XII. Implementasi sistem blok per fase ini   berlaku untuk mata pelajaran pada kelompok umum dan kelompok kejuruan. Sedangkan kelompok mata pelajaran pilihan menggunakan mekanisme blok tahunan.

Kemudian dalam mata pelajaran pilihan, SMKN 2 Singkawang memfokuskan pada penguatan Bahasa dan kompetensi kejuruan lintas minat untuk semua program keahlian termasuk Pemasaran. Mata pelajaran pilihan penguatan Bahasa wajib diikuti oleh seluruh peserta didik program keahlian Pemasaran. Bahasa asing yang ditawarkan adalah Bahasa Mandarin. Kemudian dalam mata pelajaran pilihan rumpun kejuruan yang ditawarkan merupakan mata pelajaran yang dibutuhkan oleh Industri serta didukung oleh SDM yang ada di SMKN 2 Singkawang. Mata pelajaran rumpun kejuruan ini bisa juga diperuntukkan untuk peserta didik di luar program keahlian Pemasaran.
Satuan pendidikan dan/atau pemerintah daerah dapat menambahkan muatan tambahan sesuai     kebutuhan peserta didik, dunia kerja dan karakteristik satuan pendidikan dan/atau daerah secara fleksibel termasuk kurikulum muatan lokal. SMKN 2 Singkawang menetapkan mata pelajaran Bahasa Mandarin sebagai muatan local di SMKN 2 Singkawang.
Adapun struktur kurikulum program keahlian Pemasaran adalah sebagai berikut:

  1. Bidang Keahlian                : Bisnis dan Manajemen
  2. Program Keahlian             : Pemasaran
  3. Konsentrasi Keahlian        : Bisnis Daring dan Pemasaran

Dalam hal ini tempat PKL merupakan industri yang saat ini sudah menjalin kerjasama dengan sekolah. Beberapa industri yang sudah bekerja sama yakni:

 

No.

KOMPETENSI KEAHLIAN

DUDI MITRA KERJA SAMA

Nama

Alamat

Nama Pimpinan

2

BISNIS DARING DAN PEMASARAN

Toko New Sinar Pagi

Jl Ratu Sepudak

 

 

 

Toko IVAN Singkawang

Jl Alianyang No 74 A

 

 

 

Toko Sinar Mitra

Jl Ratu Sepudak

 

 

 

Toko Lemon

Jl P. Diponegoro

 

 

 

Toko Himalaya

Jl P. Diponegoro

 

 

 

Lemon Stationery

Jl Hermansyah No 31 A

 

 

 

Mega Mart

Jl Kalimantan No 103

 

 

 

Toko Bintang Jaya

Jl Kalimantan

 

 

 

PD NF Dept Store

Jl Setia Budi No 29-31

 

 

 

Central Mart

Jl Pramuka

 

 

 

Astra Motor Roban

Jl Jendral Sudirman

 

 

 

Toko Sinar Pagi

Jl Alianyang

 

 

 

Toko Vita Jaya

Jl Tani

 

 

 

Matahari Dept. Store Singkawang

Jl Alianyang SGM

 

 

 

Apotik Diponegoro

Jl P Diponegoro

 

 

 

Toko Hello Singkawang

Jl Alianyang

 

 

 

Perumart Roban

Jl Sei Mahakam

 

 

 

CV Arli Singkawang

Jl Alianyang

 

 

 

Toko FC Sejahtera

Jl Jend Sudirman

 

 

 

Toko Vita Jaya Roban

Jl Jend Sudirman

 

 

 

Hypermart SGM

Jl Alianyang SGM

 

 

 

Sumber Anugerah

Jl Jalil Tata

 

 

 

PD Panca Motor

Jl Yos Sudarso

 

 

 

Toko Sumber Ilmu

Jl Budi Utomo

 

 

 

Toko Papa Mama

Jl GM Situt

 

 

 

PT Karisma Aksara Media Tama

Jl Alianyang SGM

 

 

 

JNE Cab Singkawang

Jl Merdeka Blok A1

 

 

 

Toko Mega M Singkawang

Jl Sejahtera